Jus Herba Bumi

Temulawak Dibanding Ginseng, Komponennya Jauh Lebih Banyak

Temulawak (curcuma xanthorrhiza roxb) adalah tanaman asli Indonesia yang mengandung kurkuminoid dan minyak atsiri yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit. Rimpang temulawak yang di Jawa Barat, lebih dikenal sebagai "Koneng Gede" itu bahkan jauh lebih berkhasiat dari ginseng.

Demikian terungkap dalam Konferensi Pers Badan Pengawas Obat dan Makanan tentang Kampanye Gerakan Nasional Minum Temulawak, Sabtu (16/9), di Bandung. Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Obat Asli Indonesia Badan POM Drs. Ketut Ritiasa, Guru Besar Farmasi Unpad Prof. Dr. Sidik, Ketua Perhimpunan Kedokteran Alternatif dan Komplementer Indonesia Prof. Dr. Yahya Kisyanto dan Dr. Nyoman Kertia, Sp.P.D-KR.

"Khasiat temulawak lebih banyak dari ginseng. Temulawak memiliki lebih dari 100 komponen, sementara ginseng terbatas. Temulawak antara lain mengandung senyawa aktif kurkuminoid dan beberapa komponen minyak atsiri," ujar Prof. Sidik.

Kurkuminoid antara lain berkhasiat sebagai antioksidan, antiinflamasi (antiperadangan), antibakteri, antihepatotoksik (anti liver), antikolesterol, antikanker dan anti platelet agregasi (pembekuan darah yang bisa menyebabkan stroke). Sementara salah satu komponen minyak atsiri yang dikandungnya, yakni xanthorrhizol adalah antikanker, terutama kanker payudara.

Aktivitas imunomodulator dari kurkumin (salah satu kandungan dalam kurkuminoid) juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. "Dibandingkan ginseng, komponen dalam temulawak jauh lebih banyak. Hanya saja selama ini kita kurang dapat mempromosikannya," ujarnya.

Dr. Nyoman Kertia mengatakan, hasil penelitian membuktikan temulawak tidak memiliki efek samping seperti obat anti inflamasi kimiawi yang harganya jauh lebih mahal. Konsumsi temulawak secara rutin, juga dapat mengencerkan darah sehingga baik untuk mencegah stroke.

"Saya sendiri setiap pagi dan sore meminum jus temulawak yang dibuat sendiri. Hasilnya, kekebalan tubuh semakin meningkat," tuturnya.

Source: http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/092006/18/0205.htm


Other Health Benefits

The temulawak rhizome has sharp smell, bitter and quite spice tastes. Temulawak has benefits of laktoga, kaloga, antiinflamasi, tonikum and diuretic.

In the herbal medication, temulawak is abundantly used to cure ailments such as :

1.Rheumatic and muscles pain.

2.Fever medicine( anti-pyretic)

3.Liver problems, yellow fever, kidney stone

4.Skin diseases.

5.Release cramps and overcome from repeating.

6.Haemorrhoids and irritation at the rectum.

7.Bloody diarrhea and dysentery. Also can cure constipation.

8.Cough and fever for children’s.

9.White discharge problems and fungus infection like Candida albican at the vagina.

10.Diabetes.

11.Gastrics and excessive gases.

Source:
http://halika.wordpress
http://www.heilpflanzen-welt.de/buecher/phytotherapeutische-welt-1983/094.htm



0 Responses

Post a Comment